Sebesar apapun gaji yang kamu terima, maka gaji tersebut tidak akan cukup jika dipakai untuk gaya hidup. Ya, beda lagi ceritanya jika dipakai untuk kebutuhan hidup, maka gaji kecilpun sudah cukup lho. Oleh karena itu, kita harus pintar dalam mengatur gaji bulanan. Nah, berbicara soal gaji bulanan, berikut dibawah ini ada beberapa cara yang benar dalam mengatur gaji bulanan.  

1. Membuat Anggaran Bulanan

Sangat penting bagi kamu untuk membuat anggaran bulanan. Dalam hal ini, kamu harus membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Ya, anggaran yang pertama adalah kebutuhan primer, seperti makan, tagihan listrik, transportasi, cicilan, dan biaya rutin lainnya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier seperti shopping, travelling, hang out, dan lain sebagainya.

2. Segera Membayar Tagihan

Ketika kamu mendapatkan gaji bulanan, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membayar semua tagihan di awal. Mulai dari tagihan listrik, telepon, dan tagihan rutin lainnya. Mengapa harus demikian? Hal ini bertujuan agar tidak mengusik biaya kebutuhan sehari-harimu. Dengan cara memisahkan atau membayar semua tagihan terlebih dulu, tentunya kamu akan lebih mudah lagi dalam mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan Sebagian Untuk Menabung

Apabila selama ini kamu belum terbiasa menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan, maka sekarang harus mencoba menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan sebelum digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut sangat membantu, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Membuat Daftar Keuangan Harian

Disarankan bagi kamu untuk selalu menyimpan struk belanja setiap kali berbelanja, dan catatlah semua pengeluaranmu setiap harinya. Tak hanya membantu untuk mengetahui kemana saja uang yang dipakai, cara tersebut juga sangat membantu dalam menganalisa barang-barang yang tidak perlu dibeli pada bulan mendatang.

5. Buatlah Dua Rekening Bank

Kamu harus membuat dua rekening bank yang berbeda. Ya, gunakan satu rekening untuk kebutuhan harian seperti menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Sedangkan rekening satunya lagi bisa kamu gunakan untuk menabung.